Halaman

Arsip Blog

Kategori

Info (3) Internet (2) Komputer (9) opini (1) Puisi (5)
Senin, 12 Juli 2010

MERAWAT FLASHDISK AGAR TETAP AWET


Kita sekarang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya flashdisk. Bentuk simpel, punya kapasitas besar, serta mudah digunakan adalah alasan-alasan orang untuk memiliki flashdisk. Dulu orang menggunakan disket untuk menyimpan data, namun karena ukurannya kecil hanya sekitar 1,44 MB maka orang berpikiran untuk mempunyai memory eksternal yang mudah dibawa, simpel, serta kapasitas penyimpanan yang relatif besar maka flashdisk salah satu pilihannya.



Namun dibalik semua itu ternyata flashdisk rentan terhadap kerusakan jika kita tidak mengetahui penyebab umum yang bisa merusak flaskdisk.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dihindari dalam penggunaan flaskdisk:



1. Jangan sampai flashdisk terkena air

Flashdisk sangat rentan terhadap air, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen di dalam flashdisk yang pada akhirnya semua data yang tersimpan akan hilang secara permanen dan flashdisk menjadi tidak terbaca oleh komputer.



2. Jauhkan dari pengaruh medan magnet

Usahakan flashdisk tidak ditempatkan didekat televisi, speaker, ataupun handphone. Kita kadang lupa menempatkan flashdisk di saku bersamaan dengan handphone, jika hal semacam ini terus dilakukan, umur flashdisk tidak akan bertahan lama.,br>


3. Jangan asal cabut flashdisk di komputer pada saat sedang digunakan

Pastikan selalu di-ejec saat akan mencabut flashdisk dari komputer. Cabutlah ketikan sudah muncul tulisan "Safe to Remove Hardware". Tujuannya adalah untuk mengamankan data yang tersimpan di flashdisk.



4. Hindari dari tempat yang panas serta benturan keras

Flashdisk mempunyai sifat tidak tahan panas, oleh karena itu hindari tempat yang terkena panas. Selain itu hindari flashdisk dari benturan keras, misalnya terjatuh.



5. Minimalisir proses hapus hapus-tulis

Saat melakukan editing dokumen di flashdisk, sebaiknya dokumen tersebut dipindah ke komputer terlebih dahulu baru melakukan proses editing. Setelah proses editing selesai pindah dokumen tersebut ke flashdisk. Jangan terlalu sering melakukan p0roses editing langsung di flashdisk, karena rata-rata flashdisk hanya berumur sampai 100.000 kali proses hapus-tulis. Selain itu dianjurkan tidak menjalankan program, musik, ataupun video langsung dari flashdisk.



6.Selalu tutup kembali

Setelah selesai digunakan kenakanlah kembali tutup dengan baik. Ini dilakukan untuk menghindari masuknya kotoran yang tidak diinginkan seperti debu ataupun benda asing yang dapat mengakibatkan gagal dikenalnya flashdisk saat dimasukkan dalam USB Port. Selain itu juga dapat mengakibatkan gagalnya baca/tulis data didalam flashdisk.



Selain hal-hal tersebut di atas, sebaiknya lakukan scan virus pada flashdisk secara berkala. Demikian semoga bisa bemanfaat.

0 komentar:

Contact Me

aditya_yudhit

Visitor

>free counters

BANNER